Kursi roda adaptif ialah kursi roda yang didesain khusus sesuai dengan kondisi badan penggunanya. Sehingga fungsi kursi roda tersebut sebagai alat mobilitas dapat maksimal juga nyaman untuk digunakan.

Manfaat dari kursi roda adaptif sendiri ini ialah:

Kualitas Hidup Bagi Pengguna: Meningkatkan citra diri, Martabat, Produktivitas, dan Kebahagiaan
Bagi orang Lain: Mengurangi beban Keluarga, Meningkatkan sumbangsih pada masyarakat, Meningkatkan kesempatan kerja
Fungsi Meningkatnya kegiatan sehari-hari, bermain, belajar, berkomunikasi.

Berkurangnya upaya/ kesulitan untuk melakukan hal-hal di atas

Kesehatan Meningkatkan kenyamanan, kontrol otot, pencernaan, pernapasan, sirkulasi darah, kondisi kulit dan perkembangan tubuh

Menurunnya cacat bentuk, kesesakan organ, komplikasi sekunder, gerak refleks

Ortopedi Meningkatnya keseimbangan dan penyesuaian postur tubuh

 

Untuk tipe atau jenis kursi roda adaptif yang dimiliki UCPRUK tersedia beberapa macam, yaitu:

Kursi Roda Adaptif Standard

 

Jenis kursi roda ini adalah untuk penggunaan umum seperti digunakan disekitar rumah, jarak dekat dan cocok untuk space ruangan sempit. Kursi roda ini bisa dilipat dan disertai dengan sandaran lengan yang bisa dilepas dan sandaran kaki yang juga bisa dilepas untuk memudahkan dalam transportasi

Rekomendasi pengguna:

Anak dan dewasa tanpa penyangga tubuh, Penggunaan transportasi umum, penuaan atau stroke, butuh stabilisasi armrest, pemakaian tidak rutin

Kursi Roda Roda Supportive (yang membutuhkan penyangga – penyangga khusus)

 

Kursi roda anak ini merupakan desain UCP sendiri dan dilengkapi dengan berbagai modifikasi yang dirancang untuk mempertahankan dan memperbaiki postur tubuh yang juga dilengkapi dengan rak pra ischial untuk mencegah melorot, sacrum pad, abductor/ knee separator, sandaran kepala, sabuk dada, tali panggul, penyangga kaki yang bisa diatur dan meja yang bisa dipergunakan untuk belajar, bermain dan makan.

Rekomendasi pengguna:

Anak yang membutuhkan penyangga tubuh seperti kasus scoliosis, lordosis, khyposis, Cerebral palsy (kelayuhan otak), anak dengan spastisitas (kaku-kaku) serta gerakan yang tidak terkontrol.

Kursi Roda All Terrain (cocok untuk medan tidak rata)

Kursi roda All-Terrain biasanya sangat bermanfaat di negara berkembang karena framenya kokoh dan konstruksinya kuat. Kursi roda All-terrain cocok untuk area tanah, bergelombang, area yang tidak beraspal dan juga dapat digunakan pada area perkotaan. Kursi roda All-terrain dapat dilipat (dengan menarik dudukan keatas) sehingga mempermudah untuk transportasi.

Rekomendasi pengguna:

Pengguna aktif, transfer mandiri, penggunaan setiap hari, untuk medan kasar/terjal

Kursi Roda Active (untuk pengguna aktif)

Sebuah kursi roda adaptif jenis active ini cocok untuk pengguna di daerah perkotaan dan semi-urban yang secara ekonomi kurang beruntung. Kursi fitur ringan, daya tahan super, mempermudah untuk transportasi, tampilan lebih ramping. Dudukan punggung kursi roda active dapat dilipat (dengan menarik dudukan ke bawah).

Rekomendasi pengguna:

Pengguna aktif, transfer mandiri, penggunaan setiap hari, untuk medan halus