Sejak tahun 2013, Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta menginisiasi program Jamkesus Disabilitas yang bertujuan untuk memberikan jaminan pembiayaan pelayanan kesehatan, alat bantu, dan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas secara komprehensif. Layanan ini seringkali tidak masuk dalam mekanisme asuransi kesehatan lainnya. Namun, pemanfaatan Jamkesus Disabilitas pada periode 2013-2015 dirasa belum cukup maksimal. Alur prosedur yang panjang dan kompleks menjadi tantangan terbesar dalam pemanfaatan jamkesus oleh penyandang disabilitas. Karena itu, Bapel Jamkesos bersama UCP RUK, mitra-mitra dan penyedia layanan kesehatan mengembangkan inovasi melalui Jamkesus Disabilitas Terpadu—sebuah layanan yang memungkinkan proses administrasi, pemeriksaan dan asesmen serta penyediaan alat bantu dilakukan dalam satu waktu di satu tempat sehingga mempermudah aksesibilitas penyandang disabilitas terhadap alat bantu.

Peran UCP RUK sebagai Mitra Alat Bantu dalam program layanan Jamkesus

1. Pengembangan Sumber Daya Manusia
UCP RUK memberikan pelatihan penyediaan layanan kursi roda adaptif (tingkat dasar dan menengah) kepada para tenaga kesehatan lokal (fisioterapis, OP, dan perawat) yang bekerja di institusi kesehatan rujukan pemerintah daerah (Bapel Jamkesos).

Sepanjang akhir tahun 2015 – 2016, Pelatihan Penyediaan Layanan Kursi Roda Adaptif yang diselenggarakan UCP RUK bekerjasama dengan Pemerintah Propinsi DIY telah menghasilkan 34 penyedia layanan tingkat dasar dan 11 penyedia layanan tingkat menengah. Penyedia layanan kursiroda tingkat dasar akan mampu untuk memberikan layanan pada kasus – kasus sederhana di mana calon penggunanya bisa duduk tegak tanpa membutuhkan penyangga postural seperti beberapa kasus Post Stroke, Post Polio, Geriatri, Paraplegi, dll. Adapun penyedia layanan tingkat menengah akan mampu melakukan layanan pada kasus yang lebih kompleks pada kasus orang yang tidak bisa duduk tegak tanpa penyangga postural seperti beberapa kasus Cerebral Palsy, Brain Injury, Spina Bifida, dll.

2. Penyediaan layanan alat bantu kursi roda adaptif
UCP RUK menyediakan alat bantu kursi roda yang dibutuhkan oleh klien sesuai dengan kebutuhannya, tipe kursi roda yang dimiliki oleh UCPRUK, dan prosedur rujukan Jamkesus. Sejak bulan November 2015 hingga Desember 2016, ada sekitar 453 penyandang disabilitas di 5 kabupaten di Provinsi Yogyakarta yang memperoleh manfaat dan bantuan kursi roda adaptif melalui program ini.

3. Penguatan Regulasi dan Kebijakan Yang Mendukung Pelayanan Alat Bantu Jamkesus yang lebih Komprehensif